Tips Tingkatkan Skor Reading Comprehension TOEFL ITP

Skor TOEFL untuk S2

TOEFL ITP merupakan ujian bahasa Inggris yang digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam memahami bahasa Inggris, termasuk kemampuan membaca (reading comprehension), tingkatkan skor Reading Comprehension TOEFL ITPmu dengan tips-tips terbaik dari JET Centre.

Tips Tingkatkan Skor Reading Comprehension TOEFL ITP

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu meningkatkan skor reading comprehension TOEFL ITP:

1. Pelajari Struktur Tes

Sebelum memulai belajar membaca untuk TOEFL ITP, kamu perlu memahami struktur tes tersebut. TOEFL ITP terdiri dari tiga bagian: listening comprehension, structure and written expression, dan reading comprehension.

Bagian reading comprehension terdiri dari 50 pertanyaan dalam waktu 55 menit. Pertanyaan-pertanyaan tersebut terdiri dari tiga jenis: main idea, detail, dan inference.

Main idea berkaitan dengan topik utama dalam sebuah teks, detail berhubungan dengan informasi spesifik dalam teks, dan inference berkaitan dengan kesimpulan yang dapat diambil dari teks.

2. Membaca Secara Aktif

Membaca secara aktif adalah teknik membaca yang melibatkan pemahaman terhadap informasi dalam sebuah teks. Teknik ini dapat membantu kamu meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa Inggris.

Baca juga: Program Preparation JET Centre

Untuk membaca secara aktif, kamu harus membaca dengan fokus dan memperhatikan detail dalam teks. Cobalah untuk memahami konteks dan mencari informasi penting dalam teks.

3. Meningkatkan Vocabulary

Salah satu kunci untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa Inggris adalah dengan meningkatkan vocabulary. Dengan menguasai vocabulary yang lebih banyak, kamu akan lebih mudah memahami teks yang kamu baca.

Kamu dapat meningkatkan vocabulary dengan membaca buku, artikel, dan berita dalam bahasa Inggris, serta menggunakan kamus Inggris-Indonesia secara aktif.

4. Berlatih dengan Soal-soal TOEFL ITP

Untuk meningkatkan skor reading comprehension TOEFL ITP, kamu perlu berlatih dengan soal-soal TOEFL ITP secara teratur. Dengan berlatih, kamu dapat mengenal jenis-jenis pertanyaan yang ada dalam tes tersebut, memperbaiki waktu menjawab, serta meningkatkan kemampuan membaca dan memahami bahasa Inggris.

5. Jangan Membaca Terlalu Lambat atau Terlalu Cepat

Saat mengerjakan bagian reading comprehension TOEFL ITP, kamu harus membaca dengan cepat namun tetap memahami informasi yang ada dalam teks. 

Jangan membaca terlalu lambat karena kamu akan kehabisan waktu untuk menjawab semua pertanyaan. Namun, jangan juga membaca terlalu cepat karena kamu dapat kehilangan detail penting dalam teks.

6. Gunakan Teknik Skimming dan Scanning

Teknik skimming dan scanning dapat membantu kamu membaca dengan lebih efektif dan efisien. Teknik Skimming digunakan untuk memperoleh gambaran umum tentang teks yang sedang dibaca. Dalam teknik ini, kamu tidak perlu membaca secara menyeluruh, namun hanya membaca bagian-bagian penting dari teks. Kamu dapat mencari informasi seperti judul, sub-judul, kata kunci, dan kata-kata penting lainnya.

Teknik Scanning digunakan untuk mencari informasi spesifik yang terdapat dalam teks. Kamu dapat menggunakan teknik scanning untuk mencari informasi seperti nama, tanggal, tempat, angka, dan kata-kata penting lainnya.  Dengan mengikuti tips-tips yang telah diberikan akan membuat diri semakin siap menghadapi Tes, selanjutkan tinggal melakukan tes dengan fokus dan sungguh-sungguh untuk mendapatkan nilai yang maksimal. Dengan skor yang tinggi, kamu bisa melamar pada berbagai instansi dan mendapatkan berbagai benefit lainnya. Kamu bisa mendapatkan persiapan TOEFL yang lebih terarah dengan mengikuti kursus. JET Centre menyediakan kelas TOEFL untuk kamu. Lembaga kursus terbaik dan terpercaya di Yogyakarta ini dapat menjadi solusi buat kamu yang masih bingung dalam persiapan TOEFL. Segera  daftar sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *