Perbedaan TOEFL ITP Offline dan Online, Cek Dulu Sebelum Memilih!

Perbedaan TOEFL ITP Offline dan Online

Pasti sudah tahu kalau TOEFL ITP atau Test of English as a Foreign Language – Institutional Testing Program, adalah tes bahasa Inggris untuk mengukur dan mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes yang berkiblat pada gaya bahasa Inggris versi American English ini diselenggarakan oleh lembaga ETS (Educational Testing Service) yang berlokasi di Amerika Serikat.

Di Indonesia sendiri, yang mendistribusikan dan mengontrol tes ini adalah IIEF (Indonesian International Education Foundation). Salah satu kualifikasi untuk mengikuti tes ini adalah peserta sudah berusia 16 tahun ke atas.  Saat ini, dengan banyaknya peminat TOEFL ITP ETS melalui IIEF mengeluarkan dua versi tes TOEFL ITP yaitu Paper based test (offline) dan Online Version (online proctoring).

Perbedaan TOEFL ITP Offline dan Online, Sudah Tahu Belum?

Perbedaan TOEFL ITP Offline dan Online bisa dilihat dari segi format soal TOEFL ITP. Dua versi tes ini sebenarnya ini sama Listening Comprehension, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension. Perbedaan yang paling terlihat antara lain sistem pelaksanaan, hasil tes dan lembaga penyedia tes.

Sistem Pelaksanaan

Sistem yang berlaku dalam tes TOEFL online dan offline tentu berbeda. Sesuai dengan namanya, tes TOEFL ITP paper-based dilaksanakan secara offline di masing-masing lembaga yang terdaftar di IIEF.  Sedangkan untuk tes TOEFL online kamu bisa mengaksesnya di manapun kamu berada, asalkan di ruangan yang kondusif dengan koneksi internet yang memadai dan pastinya stabil. Kamu akan didampingi oleh pengawas dari lembaga tes secara online.

Persiapan yang dilakukan untuk Paper Based Test atau offline cukup mudah dibandingkan online test. Mengambil paper-based test cukup mempersiapkan diri, alat tulis dan datang ke lokasi tes. Sedangkan online test, kamu harus menyiapkan device untuk tes: laptop, headset atau earphone, ruangan tes yang kondusif, koneksi internet yang stabil. 

Hasil TOEFL ITP

Sertifikat yang kamu dapatkan ketika sudah menyelesaikan TOEFL ITP baik offline maupun online akan keluar H+14 setelah selesai tes.  Akan tetapi, jika kamu mengambil tes TOEFL online, setelah kamu menyelesaikan tes TOEFL ITP kamu, kamu akan langsung melihat hasil tes kamu yang disebut dengan Unofficial Score Report di hari itu juga tanpa harus menunggu lama. Kamu juga bisa mengunduh Unofficial Score Report secara mandiri di halaman terakhir setelah selesai mengerjakan tes.

Meskipun hanya Unofficial Score Report, tidak perlu khawatir, nilai tersebut tidak akan berubah sama sekali pada Official Score yang akan kamu dapatkan di sertifikat 14 hari kerja setelahnya. Unofficial Score Report adalah skor tidak resmi yang belum disahkan oleh ETS. Beberapa penyelenggara yang mensyaratkan tes TOEFL ITP membolehkan Unofficial Score Report sebagai skor TOEFL sementara dan hasil official score bisa menyusul. Namun, kamu tetap harus memastikan ya, bagaimana dengan keperluanmu!

Lembaga Penyedia Tes

Untuk melihat daftar lembaga penyedia tes TOEFL ITP, kamu bisa mengeceknya di laman resmi IIEF. Dalam website tersebut, jumlah penyedia tes TOEFL ITP baik online atau paper basedJika kamu kehabisan kuota tes TOEFL offline, tidak ada salahnya untuk mencoba mendaftar untuk tes TOEFL online. Tes TOEFL online maupun offline sebenarnya tidak berbeda jauh kok. Kunci dari semuanya adalah preferensi, kebutuhan, dan yang paling penting adalah strategi kamu! Sebelum kamu mengambil test TOEFL, kamu harus menyiapkan strategi terlebih dahulu. 

Baca juga: Program TOEFL National Class Secara Online, Berminat Bergabung?

Strategi ini mencakup strategi sebelum dan selama pelaksanaan tes. Untuk membantumu dalam menyiapkan strategi sebelum menaklukkan tes TOEFL ITP online dan offline, JET Centre punya berbagai macam paket Preparation TOEFL ITP yang bisa kamu ambil! Apa saja yaa? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *