Cara Naikin Skor TOEFL

Les Bahasa Inggris Online

Sempat galau menemukan cara naikin skor TOEFL sesuai dengan target yang diinginkan? Pada dasarnya meningkatkan skor TOEFL membutuhkan usaha dan waktu yang cukup, dan kamu punya dua pilihan yang bisa dipertimbangkan, yaitu belajar sendiri atau ikut kelas. Sebelum memutuskan pilihan, kamu juga harus mempertimbangkan beberapa faktor berikut:

Faktor Internal Peserta

Berikut ini adalah faktor penting yang harus diperhatiin untuk memilih pola belajar untuk naikin skor TOEFL:

1. Kemampuan Bahasa Inggris

Jika kemampuan bahasa Inggrismu masih dalam level dasar atau menengah, maka mengikuti kelas TOEFL bisa bantu kamu memahami materi dengan lebih baik dan mendapat bimbingan langsung dari pengajar. Namun, jika kemampuan bahasa Inggrismu sudah cukup baik, maka belajar sendiri mungkin bisa menjadi pilihan yang lebih fleksibel.

2. Disiplin Diri

Belajar sendiri membutuhkan disiplin diri yang tinggi dan kemampuan untuk mengatur waktu belajar dengan efektif. Jika kamu sudah merasa mampu untuk belajar sendiri dan memiliki motivasi yang cukup untuk terus belajar, maka belajar sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

3. Ketersediaan Waktu

Jika kamu punya ketersediaan waktu yang cukup banyak, maka belajar sendiri bisa menjadi pilihan yang lebih fleksibel dan efektif.  Akan tetapi, kalau kamu memiliki waktu yang terbatas dan hanya bisa meluangkan waktu sebentar saja di sela sela kesibukanmu, mengikuti kelas TOEFL mungkin bisa membantu kamu memaksimalkan waktu belajar TOEFL-mu.

4. Anggaran Biaya

Mengikuti kelas TOEFL biasanya membutuhkan biaya yang cukup besar. Kalau kamu memiliki keterbatasan biaya, maka belajar sendiri bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis. 

Alternatif lain adalah kamu bisa mengikuti kelas-kelas persiapan gratis yang ada di website penyedia les bahasa Inggris. 

Baca juga: Program Preparation JET Centre 

Setelah mempertimbangkan faktor-faktor di atas, pilihan antara belajar sendiri atau mengikuti kelas TOEFL tergantung pada kondisi pribadi masing-masing. 

Jika kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki masih perlu ditingkatkan dan kamu butuh bimbingan langsung dari pengajar, maka mengikuti kelas TOEFL bisa menjadi pilihan yang lebih baik. 

Namun, jika sudah dirasa mampu untuk belajar sendiri dan memiliki disiplin diri yang cukup tinggi, belajar sendiri bisa menjadi pilihan yang efektif dan efisien.

Cara Naikin Skor TOEFL Dengan Ikut Kelas Preparation

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kelas preparation TOEFL:

1. Bimbingan langsung dari pengajar yang berpengalaman

Kamu akan mendapat bimbingan langsung dari pengajar yang berpengalaman. Mereka akan membantu kamu memahami materi dan memberikan strategi dalam menjawab pertanyaan pada ujian TOEFL.

2. Materi yang lebih terstruktur

Materi yang diajarkan dalam kelas preparation TOEFL biasanya lebih terstruktur dan terorganisir dengan baik, sehingga kamu yang sedang persiapan untuk tes dapat mempelajari materi dengan lebih efektif.

3. Latihan dan simulasi ujian TOEFL

Kamu akan mendapat latihan dan simulasi ujian TOEFL secara teratur. Hal ini akan membantumu menguji kemampuan dan mengetahui tingkat persiapan yang sudah kamu miliki menjelang ujian TOEFL.

4. Belajar dalam lingkungan yang mendukung

Dalam kelas preparation TOEFL, Anda akan belajar dalam lingkungan yang mendukung, di mana teman-teman sekelas Anda juga memiliki tujuan yang sama dengan Anda. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar Anda.

5. Mendapatkan feedback

Kamu akan mendapatkan umpan balik langsung dari pengajar. Hal ini dapat membantumu memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, selain itu kamu bisa lebih fokus untuk meningkatkan kemampuan yang paling lemah di saat proses pembelajaran.

Naikin Skor TOEFL Dengan Belajar Sendiri

Belajar melalui kursus preparation jelas memberikan banyak keuntungan yang bisa naikin skor TOEFL. Namun jika kamu memikirkan beberapa hal seperti waktu dan biaya, kamu bisa kok belajar sendiri di rumah. Berikut hal yang menjadikan pola belajar sendiri makin menarik:

1. Fleksibilitas waktu

Kamu bisa menentukan waktu serta durasi belajar sendiri sesuai dengan jadwal yang kamu miliki dan tidak perlu mengikuti jadwal kelas tertentu.

2. Biaya yang lebih murah

Dengan belajar TOEFL secara otodidak kamu tidak perlu membayar biaya kursus atau bahan ajar.

3. Menyesuaikan dengan kebutuhan pribadi

Kamu bisa menyesuaikan pembelajaran dengan tujuan utamamu meningkatkan skor TOEFL. Kamu bisa memilih materi yang ingin dipelajari, menentukan tingkat kesulitan, dan mempelajari topik yang lebih relevan dengan kebutuhan.

4. Mengasah kemandirian

Kamu juga melatih kemandirian dan disiplin diri dalam belajar. Kamu perlu memotivasi diri sendiri dan mengatur waktu belajar agar efektif dan teratur.

Baik mengikuti kelas Preparation TOEFL atau belajar otodidak dan mandiri sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, pilihan tetap tergantung pada kondisi pribadi masing-masing, termasuk kemampuan bahasa Inggris, ketersediaan waktu, dan budget yang ada. Intinya kamu sudah menemukan cara naikin skor TOEFL secara tepat!

Untuk lebih memantapkan pemahamanmu tentang TOEFL, tidak ada salahnya jika kamu untuk mengikuti kursus bahasa Inggris TOEFL meskipun hanya sekali. JET Centre menghadirkan Program Preparation TOEFL, kamu juga akan mendapat banyak benefit dengan bergabung di kelas preparation dari JET Centre. Konsultasikan rencana belajar TOEFL mu bersama JET Centre!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *